Tutorial CRUD Laravel 7 Eloquent dengan Bootstrap - Tahap Awal Instalasi - Part 1

12 June 2021 00:39 1008 View


Tutorial CRUD Laravel 7 Eloquent  dengan Bootstrap  - Tahap Awal Instalasi - Part 1 - Halo teman-teman di kesempatan kali kita akan membahas seri tentang laravel sebelumnya kita sudah membahas apa itu  framework laravel, Laravel salah satu framework yang sudah menerapkan konsep MVC (Model View Controller).

Berkenalan Dengan Laravel

Apa itu MVC di Framework Laravel ? MVC merupakan sebuah pola arsitektur dimana setiap kode dipisahkan(dikelompokan) sesuai dengan tugasnya masing-masing tujuannya agar aplikasi yang kita bangun dapat berjalan dengan baik serta proses pengembanganya sangatlah mudah,untuk lebih detail fungsi dari setiap MVC sebagai berikut.

  • Model - model merupakan sebuah kumpulan kode yang biasanya difungsikan untuk mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan Database,
  • View - Kalau View merupakan kode-kode yang fungsinya digunakan untuk menampilkan sesuatu di browser, View biasanya kode-kode berupa HTML, CSS dan JavaScript.
  • Controller - Controller merupakan kode-kode yang digunakan untuk menghubungkan antara Model dan View. Controller juga biasanya digunakan untuk menempatkan dan menulis kode-kode logika atau kondisi tertentu dari aplikasi.

Okay saya rasa teman-teman sudah paham secara  garis besar tentang framework laravel itu sendiri untuk informasi lebih lengkap, teman-teman bisa langsung  ke situs resmi laravel. 

Sekarang Kita langsung ke prakteknya saja dengan cara membuat studi kasus sederhana dimana kita belajar tentang CRUD  Eloquent Laravel dengan database MySQL. CRUD sendiri singkatan dari  (Create Read Update dan Delete) adapun fungsi dari masing-masing CRUD yaitu create menambah data ke database, read menampilkan data, update melakukan perubahan data dan delete untuk menghapus data di database.

Artikel Menarik Lainnya
Belajar Membuat RESTful API dengan Lumen

Install dan Persiapan Laravel

Untuk menggunakan sebuah framework teman-teman wajib mempersiapkan terlebih dahulu tools nya seperti :

  • Web Server (NGINX, Apache HTTP Server, Apache Tomcat, Microsoft IIS, and OpenResty, Xampp dan masih banyak lagi) namun di tutorial ini saya menggunakan XAMPP,  
  • Text Editor seperti Visual Studio Code, Notepad ++ atau Sublime Text
  • Git Bash sendiri  aplikasi khusus untuk Microsoft Windows yang menyediakan lapisan emulasi   atau tiruan layar untuk Git command line. 
  • Composer berfungsi untuk alat manajemen dependency pada PHP karena semua dependency yang kita gunakan di project kita install lewat composer.

Install Composer

Salah satu cara menginstall Laravel yaitu menggunakan Composer, jadi sebelum kita memulai project Laravel kita diharuskan sudah menginstall Composer di Laptop dan komputer kita. Cara untuk menginstall Composer kita bisa lihat dari situs resminya di DISINI sesuai dengan OS (Operating System) yang kita digunakan.

Untuk mengetahui apakah Composer sudah terinstall di Laptop atau PC kita, bisa jalankan perintah dibawah ini di terminal atau CMD.

composer

Jika sudah terinstal akan menampilkan tampilan seperti dibawah ini 

Jika tidak silahkan tema-teman install dulu ya.

Instal Project  Laravel

Server Requirements

Berikut ini Server Requirements laravel 

  • PHP >= 7.2.5
  • BCMath PHP Extension
  • Ctype PHP Extension
  • Fileinfo PHP extension
  • JSON PHP Extension
  • Mbstring PHP Extension
  • OpenSSL PHP Extension
  • PDO PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension
  • XML PHP Extension

 

Install Project Laravel

Setelah berhasil install  Composer, teman-teman sekarang bisa langsung  membuat project baru dengan di Laravel. Untuk membuat project laravel teman-teman bisa jalankan perintah dibawah dengan catatan tentukan direktori tempat project dibuat biasanya yang menggunakan windows CMD (Command Prompt) kurang lebih seperti ini

cd c:\xampp\htdocs

Sekarang kita akan membuat projectnya laravel nya dengan menjalankan perintah dibawah ini di terminal.

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel:^7.0 crud_laravel7
Lalu Enter

 

Keterangan
^7.0   perintah untuk menentukan  versi laravel yang teman-teman inginkan dan  untuk crud_laravel7 yaitu nama folder project laravel teman-teman bisa anda tentukan sendiri.

Untuk menginstal laravel teman-teman wajib terhubung ke internet. Jika sudah selesai instalasi project laravel anda mendapatkan informasi seperti dibawah ini.

Setelah berhasil terinstal project laravel, sekarang kita masuk ke direktori project yang barusan kita buat dengan perintah sebagai berikut 

cd c:\xampp\htdocs\crud_laravel7

Sekarang tinggal jalankan perintah dibawah  ini untuk melihat tampilan utama laravel anda. 

php artisan serve

Okay setelah menjalankan perintah di atas teman-teman mendapatkan sebuah alamat url 

Laravel development server started: http://127.0.0.1:8000

Lalu Jalankan url ini http://127.0.0.1:8000 di browser teman-teman dan akan melihat tampilan seperti dibawah ini.

Sampai disini ya teman-teman untuk persiapan dan pembuatan project laravel. Semoga berhasil Terimakasih.


Delisman Hulu

Admin


Rekomondasi
Komentar

Harap berkomentar yang berkaitan dengan topik. Terimakasih