Apa Itu Framework Laravel

29 May 2021 16:47 1627 View


Hallo semua di artikel ini sebagai pengantar  belajar tentang laravel namum perlu kita ketahui terlebih dahulu apa itu framework dan apa itu laravel , mari pahami ulasan berikut ini.

Apa itu Framework

Framework yaitu sebuah seperangkat struktur dan pedoman konseptual, yang digunakan untuk membangun sesuatu yang bermanfaat. Jadi bisa dikatakan framework merupakan software untuk memudahkan para programer untuk membuat sebuah aplikasi baik berbasis web, berbasis dektop dan berbasi mobile semua tujuannya memudahkan para penggunakan dalam membangaun sebuah aplikasi. Dalam framework terdapat software, Software Framework adalah struktur yang dapat kamu gunakan dalam membangun sesuatu. Software Framework memungkinkan kamu untuk menggunakan jenis komponen yang berbeda, berkomunikasi dengan API eksternal dan menentukan struktur aplikasi.

  1. Clean Code

Sebuah Framework dapat membantu saya dan kamu dalam menulis code yang bersih/rapi dan dapat digunakan dengan baik.

  1. Scaling

Framework Software membantu kamu dalam meningkatkan permintaan. Tidak peduli seberapa cepat aplikasi kamu berkembang, Framework membuatnya lebih mudah untuk mengukur pada permintaan.

  1. Reduce Complexity

Software framework memudahkan kamu dalam menghadapi situasi yang kompleks dan memecahnya menjadi beberapa bagian.

  1. Testing and Debugging

Software framework dapat membuat pengujian lebih mudah dan proses debugging menjadi lebih menyenangkan.

  1. Coding Guidelines

Software Framework memaksamu menjalankan panduan ketat untuk mengikuti rekan tim kamu yang sedang mempromosikan basis kode yang konsisten dengan lebih sedikit bug.

 

Apa Itu Laravel

Laravel adalah sebuah framework PHP yang dirilis dibawah lisensi MIT, dibangun dengan konsep MVC (model view controller). Laravel adalah pengembangan website berbasis MVP yang ditulis dalam PHP yang dirancang untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak dengan mengurangi biaya pengembangan awal dan biaya pemeliharaan, dan untuk meningkatkan pengalaman bekerja dengan aplikasi dengan menyediakan sintaks yang ekspresif, jelas dan menghemat waktu. MVC adalah sebuah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan aplikasi logika dari presentasi. MVC memisahkan aplikasi berdasarkan komponen- komponen aplikasi, seperti : manipulasi data, controller, dan user interface.

  1. Model, Model mewakili struktur data. Biasanya model berisi fungsi-fungsi yang membantu seseorang dalam pengelolaan basis data seperti memasukkan data ke basis data, pembaruan data dan lain-lain.
  2. View, View adalah bagian yang mengatur tampilan ke pengguna. Bisa dikatakan berupa halaman web.
  3. Controller, Controller merupakan bagian yang menjembatani model dan view.

Adapun fitur yang terdapat di  Laravel :

            Akan tetapi untuk daftar fitur yang lebih lengkap dapat teman-teman lihat di web resmi laravel.com

  • Bundles, yaitu sebuah fitur dengan sistem pengemasan modular dan tersedia beragam di aplikasi.
  • Eloquent ORM, merupakan penerapan PHP lanjutan menyediakan metode internal dari pola “active record” yang menagatasi masalah pada hubungan objek database.
  • Application Logic, merupakan bagian dari aplikasi, menggunakan controller atau bagian Route.
  • Reverse Routing, mendefinisikan relasi atau hubungan antara Link dan Route.
  • Restful controllers, memisahkan logika dalam melayani HTTP GET and POST.
  • Class Auto Loading, menyediakan loading otomatis untuk class PHP.
  • View Composer, adalah kode unit logikal yang dapat dieksekusi ketika view sedang loading.
  • IoC Container, memungkinkan obyek baru dihasilkan dengan pembalikan controller.
  • Migration, menyediakan sistem kontrol untuk skema database.
  • Unit Testing, banyak tes untuk mendeteksi dan mencegah regresi.
  • Automatic Pagination, menyederhanakan tugas dari penerapan halaman.

Keunggulan Laravel

  • Jika anda orang yang suka dengan backend pasti laravel saya sarankan gunakan karena kita tidak perlu pusing2 lagi  membuat  API / REST API .
  • Waktu yang dibutuhkan untuk mengembangan projek website dengan menggunakan framework ini menjadi lebih cepat.
  • Dapat meningkatkan pengunjung webiste karena teknologi framework ini dapat digunakan di segala browser dan berbagai perangkat dengan baik.
  • Laravel dilengkapi dengan utilitas pemrograman untuk membantu proses pengembangan aplikasi web dan juga moderasi dengan cara terbaik.
  • Composer

Untuk menggunakan Laravel itu sendiri pengguna dibutuhkan untuk melakukan penginstalan sebuah composer.Composer adalah alat manajemen dependency pada PHP.Composer memungkinkan untuk membuat library pada project anda dan composer sendiri akan menginstall atau mengupdate secara otomatis tanpa anda harus menginstall manual.

  • Komunitas

Untuk komunitasnya sendiri di Indonesia sudah banyak sekali seperti group telegram & facebook laravel Indonesia jadi teman-teman yang baru belajar laravel jika mengalami error tidak perlu malu-malu tanyakan di forum laravel Indonesia pasti anda di bantu dan di arahkan disana.

Kekurangan Laravel

  • Tidak Mudah Untuk di pahami Bagi Pemula Coding

Buat para beginner yang memahami laravel relatif akan kesulitan. sebab laravel tidak semudah framework lagi seperti codeigniter untuk dipahami. untuk masuk ke pintu gerbang nya diperlukan fokus agar bisa memahami laravel. Terlebih buat yang baru belajar Framework. Akan terbantu bila pernah belajar Framework sebelumnya seperti Codeigniter jangankan untuk memahami alurnya, untuk install pertama kali pun kalau para beginner bisa dibuat bingung. karena cara install yang modern

  • Update versi terlalu cepat

Update Laravel cepat bahkan menurut saya terlalu cepat. Sehingga bagi yang tidak mengikuti perkembangan laravel bisa ketinggalan jauh dan  perubahan fitur nya pun terbilang signifikan. Dari versi 4.2 hingga versi 8 saat ini di tahun 2021 sengat gilakan cepat banget updatenya.

Sekian dulu ya teman-teman penjelasan singkat tentang laravel tapi untuk temen-teman yang pengen tau tentang laravel itu sendiri langsung di coba dan jangan lupa baca dokumen yang sudah di siapkan oleh laravel itu sendiri.

Terimakasih sampai jumpa diartikel berikutnya. Byeeee


Delisman Hulu

Admin


Rekomondasi
Komentar

Harap berkomentar yang berkaitan dengan topik. Terimakasih